5 Bahaya Kesehatan yang Bisa Ditimbulkan Karena Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri - raybandasoleit

Hot

Post Top Ad

Senin, 26 Maret 2018

5 Bahaya Kesehatan yang Bisa Ditimbulkan Karena Terlalu Sering Minum Sambil Berdiri


Bagi umat islam tentu sudah memahami bahwa sunahnya minum atau makan adalah sambil duduk. Hal ini tentu sesuai dengan pendapat banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa posisi paling aman ketika sedang minum adalah saat kita sedang duduk. Mengapa? Perlu kita ketahui bahwa ketika duduk inilah sebenarnya saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda.

Bagaimana kalau minum dalam posisi berdiri? Ternyata jika minum dengan posisi yang tidak benar dapat menimbulkan masalah kesehatan. Saat minum dengan posisi berdiri, ternyata dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang cukup serius.

Berikut 5 bahaya kesehatan yang bisa timbul akibat minum sambil berdiri seperti dilansir hellosehat.com  :

1. Sakit perut

Ketika seseorang minum sambil berdiri, tenggorokan mengalami penyempitan dan berkerut yang dapat mempersulit makanan untuk digiling hancur dengan lancar pada jaringan pencernaan. Kondisi ini menyebbakan rasa nyeri pada bagian perut.

2. Keseimbangan tubuh terganggu

Minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang tanpa andaa sadari dalam keadaan yang tegang. Akibatnya saraf saraf tubuh dalam kondisi stres dan memicu munculnya disfungsi saraf.

3. Perut kembung

Kebiasaan minum sambil berdiri menyebabkan air langsung masuk ke dalam tubuh tanpa melewati dinding usus dengan baik dan mengalir terlalu cepat. Kondisi ini membuat seseorang mudah terserang perut kembung, rasa tidak nyaman pada perut dan muncul rasa ingin muntah.

4. Filter penyaringan dalam ginjal tertutup

Kebiasaan minum sambil berdiri dapat menyebabkan filter penyaringan dalam ginjal jadi tertutup, sehingga air akan langsung mengalir menuju kandung kemih dan tidak melewati proses penyaringan terlebih dahulu dijaringan ginjal.

Kondisi ini mempermudah terjadinya penumpukan berbagai kotoran dalam saluran ureter yang bisa mengakibatkan gangguan organ ginjal.

5. Luka pada lambung

Pada saat minum sambil berdiri, kondisi air yang masuk kedalam lambung secara tiba tiba akan mengalir secara tidak merata dan menyebabkan makanan dalam lambung sulit untuk dicerna.

Hal ini dapat melukai dinding lambung dan membuat luka yang memicu seseorang mengalami peradangan lambung yang nantinya bisa meningkatkan kadar asam lambung dalam lambung.

Itulah bahayanya minum sambil berdiri, demi kesehatan Anda hindari sikap ini. Lakukan karena selain lebih sehat sekaligus Anda akan melaksanakan salah satu sunah Rosul.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad