Biasa Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat Ternyata Berbahaya, Ini Alasannya! - raybandasoleit

Hot

Post Top Ad

Senin, 04 Juni 2018

Biasa Tidur Saat Pesawat Lepas Landas dan Mendarat Ternyata Berbahaya, Ini Alasannya!


Info ini penting bagi Anda apabila Anda termasuk orang yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Info apa gerangan itu?

Hal ini berhubungan dengan kebiasaan tidur saat naik pesawat. Sejumlah peneliti mengungkapkan bahwa tidur saat pesawat lepas landas dan mendarat ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Apa penyebabnya? Ya, Ini disebabkan karena pergantian tekanan udara di kabin yang berubah secara cepat tergantung ketinggian pesawat.  Dan jika Anda tak bisa beradaptasi, hal itu bisa merusak gendang telinga Anda.

Seperti dilansir grid.id (2/06/18), seorang pakar kesehatan asal Inggris, Angela Chalmers mengatakan bahwa perubahan ketinggian dapat menyebabkan tabung Eustachian kosong dan ini membuat telinga terasa seperti tersumbat.

"Dengan tetap terjaga selama pesawat lepas landas dan mendarat bisa mengurangi risiko tersebut," kata Chalmers.

Jika Anda tertidur, kadang Anda tak sadar bahwa telinga Anda tetap tersumbat karena perubahan tekanan udara.

Berdasarkan keterangan di situs Medline Plus, telinga yang tersumbat dalam waktu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan ini :

  • pusing
  • infeksi telinga
  • gendang telinga rusak
  • telinga berdarah
  • kehilangan pendengaran 

Medline juga menyarankan agar kita menyeimbangkan tekanan udara dalam gendang telinga.  Caranya dengan menelan atau menguap dan membuat udara mengalir masuk dan keluar ke bagian tengah telinga.

Anda juga bisa makan permen selama penerbangan.  Dengan makan permen, maka mulut akan aktif menelan air liur dan ini bisa membantu telinga lebih cepat beradaptasi.  Selain itu, Anda juga bisa minum air putih atau makan roti.

Nah, itulah sebabnya Anda disarankan tetap bangun selama proses lepas landas dan pendaratan pesawat. Apabila selama ini Anda sering tidur pada momen itu, maka  kebiasaan buruk ini harus Anda hentikan mulai sekarang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad