Jika Pilot Garuda Mogok, Bolehkah Pilot TNI AU Terbangkan Pesawat Garuda? - raybandasoleit

Hot

Post Top Ad

Senin, 04 Juni 2018

Jika Pilot Garuda Mogok, Bolehkah Pilot TNI AU Terbangkan Pesawat Garuda?


Maskapai plat merah Garuda Indonesia dalam ancaman mogok para pilotnya. Jika hal ini menjadi kenyataan TNI AU siap mengerahkan pilotnya untuk menggantikannya.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Novyan Samyoga mengatakan, pengerahan pilot TNI AU dilakukan jika ada permintaan dari PT Garuda Indonesia Tbk.

Yang menjadi pertanyaan bolehkah pilot pesawat militer menggantikan pilot pesawat komersiil?  Seperti dilansit jpnn.com ((4/06/18), kesiapan TNI AU untuk membantu Garuda ini ditentang oleh Ikatan Pilot Indonesia (IPI). Ketua Umum IPI Capt. Rama Noya menyebut hal itu tidak tepat. Langkah paling tepat adalah dialog untik mencari solusi bagi kedua belah pihak.

”Bagi penerbang militer tidak bisa sesederhana itu untuk menggantikan posisi penerbang sipil,” katanya saat dihubungi Jawa Pos, Minggu (3/6).

Menurut Rama, penerbang militer dengan sipil memiliki perbedaan. Yakni dalam hal lisensi dan tipe pesawat atau type rating.

”Memang ada beberapa penerbang militer yang memiliki lisensi sipil dan sesuai dengan type rating pesawat di PT Garuda Indonesia, tetapi tentunya terbatas jumlahnya,” ungkap Rama.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Novyan Samyoga, Minggu (3/6/18), ada beberapa prosedur yang harus dilalui seorang penerbang militer menerbangkan pesawat komersial. Paling utama, pilot bersangkutan cakap untuk menerbangkan pesawat komersial. Di antara banyak penerbang TNI AU, sebagian punya sertifikasi untuk itu.

”Pasti kami bantu,” katanya. ”Tentunya kalau ada surat permintaan resmi dari Garuda.

Mantan ajudan Wapres Boediono itu pun mengungkapkan, kerja sama antara TNI AU dengan Garuda Indonesia tidak secara khusus mengatur soal pengerahan bantuan ketika terjadi mogok kerja. ”Tapi, kaitannya dengan keterbatasan jumlah pilot yang ada di Garuda (Indonesia),” terangnya. Karena itu, dia berharap besar ancaman mogok kerja tidak benar-benar dilakukan oleh Asosiasi Pilot Garuda. Sebab, masyarakat membutuhkan mereka. 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad